Home » » 5 Makanan untuk Menyegarkan Nafas

5 Makanan untuk Menyegarkan Nafas

Written By ary on Selasa, 23 Juli 2013 | 11.05

Berkicauan - bau nafas tidak sedap tentu sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman, apalagi ketika kita sedang berbicara dengan lawan jenis, guru, dosen dan bahkan orangtua. Terlebih ketika bermain dan berjalan-jalan di akhir pekan bersama orang yang dikasihi, bahkan beberapa menghindari untuk memakan masakan yang mengandung bawang putih- merah, dan banyak membeli permen penyegar sebelum bertemu si dia. Padahal sebenarnya ada loh makanan dan minuman sederhana yang mampu menyegarkan mulut, sehingga kita tidak takut untuk makan apapun ketika bersama pasangan. Berikut uniknya.com merangkum 5 makanan untuk menyegarkan nafas:

1. Teh
secangkir teh hijau atau hitam ternyata dapat mengusir bau tidak sedap yang keluar dari mulut, hal ini disebabkan kandungan anti-oksida polifenol yang dapat menghilangkan bakteri dan bahan makanan yang menyebabkan bau. Bahkan selama tidak menambahkan gula ke dalam larutan teh hijau/hitam, anti-oksidanya akan terus bekerja lebih efektif. Berdasarkan penelitian University of Utah Health Care, orang yang sering minum teh hijau, mulutnya lebih segar daripada yang tidak meminum teh hijau.

(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)
Teh

2. Yogurt
Nah kalo minuman segar yang satu ini sudah terbukti keunggulannya dalam mengusir bau mulut (setelah dikonsumsi secara rutin selama enam minggu), karena yogurt aktif memiliki kandungan kimia yang dapat mengusir bakteru buruk di dalam mulut. Selain itu yogurt memiliki kandungan Vitamin D, yang juga mampu membunuh bakteri di dalam mulut. Untuk itu dua hari sekali sebaiknya meminum yougurt segar (masih aktif), sehingga dapat terhindar dari bau mulut.
(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)
Yogurt

3. Rempah-Rempah Segar
Kalo yang ini merupakan tradisi tua di beberapa masyarakat adat dunia, yakni mengunyah rempah-rempah segar dan pedas. Di beberapa wilayah di Indonesia kebiasaan ini dikenal dengan mengunyah sirih atau nyeupah (Bahasa Sunda), banyak dilakukan oleh para orangtua di zaman dahulu, meski kemudian sudah tidak lagi dilakukan (hanya dibeberapa daerah pedalaman, pedesaan saja). Namun para akademisi mengenal rempah-rempah sebagai tanaman khususnya yang mengandung klorofil tinggi, sebagai tumbuhan yang mampu menyegarkan mulut. Jika tidak menyukai aroma sirih, mungkin bisa mencoba daun mint, biji adas, anis dan cengkeh, yang selain hangat atau dingin dapat menyegarkan serta mengusir bau mulut.

(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)
Rempah-Rempah Segar

4. Buah Apel
Satu buah apel sehari akan mencegah dokter mendekati Anda, sebuah kalimat yang sering diungkapkan oleh ahli gizi dan pakar kesehatan. Sementara berdasarkan Asosiasi Diatetis Amerika, buah dengan daging yang renyah seperti apel, dan sayuran seperti wortel serta seledri dapat mencegah bau busuk di dalam mulut dan plak menempel di gigi. Selain itu buah apel dan sayuran wortel dapat meningkatkan  produksi air liur, sehingga dapat mencegah berbagai bakteri merugikan yang hidup di dalam mulut.

(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)
Buah Apel

5. Bebuah Asam (Segar)
Seorang profesor yang sekaligus dokter gigi di Universitas New York, merekomendasikan bahwa bebuahan dengan kandungan Vitamin C tinggi dapat mengusir bakteri yang tidak diinginkan di dalam mulut. Bebuahan seperti berbagai jenis jeruk dan anggur dapat menegah gangguang gusi seperti gingivitis yang juga menyebabkan bau mulut.

(Sumber:wordpress.com,uniknya.com)
Bebuah Asam (Segar)



Share this article :
0 Comments
Comments

Posting Komentar

 
Mitra & Sponsor : Mitra & Sponsor | Gudang Lirik Musik | Mitra & Sponsor 3 | Mitra & Sponsor 4
Copyright © 2013-2015. Berkicauan - All Rights Reserved
Berkicauan .inc

DMCA.com Protection Status