Home » , » Cara Polisi Tekan Angka Kecelakaan Saat Mudik Lebaran

Cara Polisi Tekan Angka Kecelakaan Saat Mudik Lebaran

Written By ary on Senin, 22 Juli 2013 | 09.17


Berkicauan - Kepala Korps Lalu lintas Polri, Inspektur Jenderal Puji Hartanto, mengusulkan agar masyarakat yang akan melakukan mudik lebaran untuk selalu mempersiapkan dirinya dari jauh-jauh hari. Hal ini dilakukan supaya masyarakat bisa selamat sampai kampung halaman.

Menurut Puji, mudik lebaran lebih efektif jika masyarakat mau mengalihkan dari pengunaan kendaraan roda dua, dengan mengikuti program mudik gratis yang diadakan oleh Pemerintah maupun swasta.

"Kenapa saya himbau untuk tidak menggunakan sepeda motor, artinya dari evaluasi tahun lalu kecelakaan sepeda motor saat mudik angkanya tinggi," ujar Puji.

Dia menambahkan, ada peningkatan 32 persen angka kecelakaan pada tahun 2011 ke 2012. Kecelakaan itu bersumber dari sepeda motor. Dia mengharapkan, ditahun ini angka kecelakaan turun.

Upaya yang dilakukan yakni dengan memberikan sosialisasi untuk menghimbau para calon pemudik yang akan mengunakan sepeda motor harus siap tidak melanggar.

"Kami tidak melarang mudik dengan sepeda motor. Kalau memang dia siap, ya siap tidak melanggar, artinya siap untuk menggunakan sepeda motor dan tidak lebih dari satu orang penumpang, kalau lebih dari satu itu melanggar, itu yang tidak boleh artinya dia tidak siap," jelas Puji.

Meski lebih murah, lanjut Puji, tetapi harus memperhatikan keselamatan berlalu lintas dengan mempersiapkan segala sesuatunya, baik fisik pengemudi maupun kendaraan. Pengemudi harus memeriksa rem, lampu dan sebagainya.

"Menurut saya, lebih baik melakukan mudik bersama. Disitu sudah dapatkan ongkos gratis, dapat seragam, bus AC kan nyaman," kata Puji.



Share this article :
0 Comments
Comments

Posting Komentar

 
Mitra & Sponsor : Mitra & Sponsor | Gudang Lirik Musik | Mitra & Sponsor 3 | Mitra & Sponsor 4
Copyright © 2013-2015. Berkicauan - All Rights Reserved
Berkicauan .inc

DMCA.com Protection Status