Home » » tips menjaga daya ingat

tips menjaga daya ingat

Written By ary on Senin, 15 Juli 2013 | 20.00


Berkicauan - daya  ingat sangatlah penting untuk menunjang kehidupan baik dalam hal pelajaran bagi yang masih sekolah ataupun kuliah dan juga bagi para pekerja yang setiap harinya harus selalu mengasah daya ingatnya agar mendapatkan hasil pekerjaan yang optimal.
berikut ada beberapa tips menjada daya ingat agar selalu terjaga dalam kondisi yang baik :


melatih daya ingat
lakukanlah rangsangan terhadap otak agar selalu bekerja optimal, jangan biarkan otak anda membeku lakukan kegiatan yang positif seperti membaca, berpetualang, bermain permainan yang melatih konsentrasi dan daya pikir cepat seperti bermain kartu,puzzle dan yang merangsang memori otak. dapat pula dengan melakukan aktifitas diluar rutinitas sehari-hari.


berolahraga
berolahraga juga dapat meningkatkan daya ingat karena jumlah darah dan oksigen yang masuk kedalam otak lebih tinggi dibandingkan dengan orang yg jarang melakukan olahraga. dengan melakukan aktifitas yang mengeluarkan banyak keringat makan pembuluh darah keseluruh tubuh menjadi terbuka termasuk juga yg menuju otak tapi perlu diingat olahraganya harus konsisten karena akan memperlambat penuaan pada otak.


menghindari stress
stress dapat mengurangi fungsi berpikir otak, memang sulit untuk menghindari stress yg mengalami kerja berat sehari-hari, jadi luangkan waktu untuk relaxsasi seperti melakukan latihan pernapasan, bercanda sesama rekan kerja, tertawa dan tersenyum.


pergaulan yang menyenangkan
interaksi sosial dapat menimbulkan perasaan senang pada semuanya luangkan waktu untuk melakukan interaksi kepada teman-teman maupun keluarga, sekarang jaman canggih tidak bisa bertemu secara langsung juga dapat menggunakan alat komunikasi dan juga internet. berinteraksi pada hewan peliharaan juga menyenangkan dilakukan jika anda pecinta binatang.


menjaga pola tidur
manusia memiliki jam biologisnya sendiri jaga pola tidur anda secara teratur kekurangan jam tidur dapat menyebabkan rasa kantuk sehingga konsentrasi akan terganggu dan mempengaruhi daya ingat. jika anda merasakan susah tidur lakukan beberapa langkah untuk mengatasinya seperti latihan pernapasan, mendengarkan lagu relaksasi yang penting hindari aktifitas yang memerlukan otaka anda untuk berpikir keras yg dapat menyebabkan stress.


minum air putih
disarankan meminum minimal 8 gelas air putih per harinya. rasa haus dapat menyebabkan hilngnya konsentrasi dan menyebabkan tidak fokus terhadapa apa yang dikerjakan,jadi ambilah minum jika anda merasa haus tapi jangan terlalu banyak juga nanti malah buang air terus, he he he

itulah tadi beberapa tips untuk menjaga daya ingat, semoga berguna bagi kita semua dan jagalah selalu kesehatan selagi masih bisa,karena kesehatan itu mahal harganya
Share this article :
0 Comments
Comments

Posting Komentar

 
Mitra & Sponsor : Mitra & Sponsor | Gudang Lirik Musik | Mitra & Sponsor 3 | Mitra & Sponsor 4
Copyright © 2013-2015. Berkicauan - All Rights Reserved
Berkicauan .inc

DMCA.com Protection Status